Pengikut

Selasa, 26 Februari 2013

Macam-macam Web Browser


10 MACAM BROWSER BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA





Begitu banyak browser yang terbaik, kabar terbaru Firefox telah meluncurkan versi upgradenya yaitu Firefox 3.6.6. Sebenarnya selain Firefox dan Internet Explorer yang menjadi browser standar untuk windows, masih banyak browser-browser bagus lainnya yang menarik dan sangat bagus untuk keperluan tertentu. Contohnya seperti browser Flock yang cocok untuk berkomunikasi dan interaksi sosial dan Opera untuk komputer dengan layar berukuran kecil seperti laptop.
Berikut adalah beberapa macam browser yang bisa digunakan untuk windows.





1. Mozilla Firefox



   Dibuat oleh Mozilla Corporation, Firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko Layout Engine. Tidak hanya handal, Firefox juga didukung oleh sejumlah add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan add-ons tersebut. Mozilla Firefox juga adalah browser yang paling sering digunakan oleh windows.

Kelebihan Dari Mozilla Firefox: 
-Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
-Security yang dimiliki oleh Mozilla Firefox lebih handal dibandingkan dengan browser lainnya.
-Dapat memperbesar size pada teks. Pada beberapa situs, teks tidak bisa diperbesar bila menggunakan browser IE (Internet Explorer).
-Tampilan browser dapat dikustomisasi menggunakan skin.
-Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
-Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang bisa mencapai 80 MB.

Kelemahan Dari Mozilla Firefox: 
 -Mozilla Firefox tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa mengganggu kenyamanan browsing.
-Mozilla Firefox, seperti browser lain, pada umumnya tidak memiliki pertahanan yang baik untuk menangani malware. Malware adalah sejenis virus yang menginfeksi komputer yang biasanya ditujukan untuk mencuri data-data komputer yang diinfeksi.
-Mozilla Firefox sering crash terhadap aplikasi-aplikasi lain di komputer, sehingga komputer tidak dapat digunakan karena hang.
-Mozilla Firefox memakan memori yang sangat besar. Apalagi kalau kamu membuka banyak tab atau windows sekaligus.
-Fitur built-in untuk mendownload file tidak terlalu bagus karena lambat dan seringnya download berhenti di tengan jalan.


2. Internet Explorer 8




 



   Baru-baru ini, Microsoft merilis Internet Explorer 8 versi Beta ke publik. Meskipun masih dalam versi beta, namun versi ini telah memiliki fitur yang komplit. Banyak orang telah mendownload nya dan seperti biasa terdapat banyak pendapat yang berkaitan dengan fitur-fiturnya.



Kelebihan Dari Internet Explorer 8:
-Terdapat fitur InPrivate pada IE 8 yang dapat mencegah histori browsing dan file cache dari penyimpanan.
-Seperti Firefox, Internet Explorer 8 juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan dan merecover yang dibrowse pengguna terakhir jika terjadi crash, atau bahkan pengguna menutup nya secara tidak sengaja di mana hal ini tidak terdapat pada Internet Explorer 7.
-Internet Explorer 8 memiliki fitur grouping tab berdasarkan warna tab.
-Dalam dunia komputer, kita menginginkan koneksi yang lebih cepat, hardware yang lebih cepat, software yang lebih cepat. Internet Explorer 8 dalam penggunaannya diketahui lebih cepat dibandingkan pendahulunya, Internet Explorer 7 pada kebanyakan web site.
-Internet Explorer 8 memberikan kemudahan untuk mencari apa yang diinginkan dengan menawarkan saran-saran selama pencarian.

Kelemahan Dari Internet Explorer 8:
-Beberapa situs web mungkin tidak ditampilkan secara benar dan tidak berfungsi dengan baik padahal pada versi sebelumnya hal ini tidak terjadi.
-Internet Explorer 8 mengambil 380MB space memori komputer dengan 2GB memori di OS Vista, sedangkan versi yang sebelumnya hanya membutuhkan 159MB memori.
-Internet Explorer 8 mudah dan pernah dijebol dengan hacker.

3. Safari
     
                                   

   Safari dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. Dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.

Kelebihan Safari Browser:
-Safari Browser irit dengan pemggunaan bandwithnya.
-Safari Browser adalah merupakan salah satu browser yang paling stabil karena jarang crash atau error.
-Tampilannya elegan yang dapat memanjakan penggunanya.

Kelemahan Safari Browser:
-Safari Browser menuntut spesifikasi yang agak tinggi.
-Tidak ada fitur restore kalau Safari nge-hang.


4. Flock




    

   Flock adalah web browser yang dibangun dengan code Mozilla Firefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0.
   Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

Kelebihan Flock Browser:
-Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial.
-Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda.
-Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.

Kelemahan Flock Browser:
-Flock membutuhkan resources yang lebih besar. Di beberapakomputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama.


5. Opera




                             


   Opera dikembangkan oleh Opera Software Company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

Kelebihan Opera Browser:
-Terdapat pilihan dalam berbahasa Indonesia. Memungkinkan untuk lebih mudah mengoperasikan Opera Browser.
-Tidak memakan memory yang besar, Ringan saat dijalankan, dan Startup lebih cepat.
-Ada 2 macam opsi tampilan skin, ada yang khas Windows bagi yang terbiasa Mozilla Firefox dan Internet Explorer.
-Kecepatan dalam me-render (memproses) website lebih cepat dari browser lain.
-Fitur keamanan situsnya lebih lengkap muntuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer anda.

Kelemahan Opera Browser:
-Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
-Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman.
-Tidak bisa menerima format tertentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bisa dibuka.

6. K-Meleon
                                      


   K-Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bisa datang dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengkustomise browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.

Kelebihan Dari Browser K-Meleon:
-Cepat dan ringan, sehingga anda akan menyimpan lebih banyak waktu untuk loading membuka halaman web pada komputer.
-Lebih simple dibandingkan dengan Opera atau Mozilla Firefox.
-Tanpa bermacam-macam plugin maupun add-ons yang membuat kerja browser lebih ringan dan cepat tentunya.
Kelemahan Dari Browser K-Meleon:
-Secara default, K-Meloen sudah memblock iklan-iklan yang ternama, sehingga membuka halam web loading jadi berasa ringan dan cepat banget dan tentunya memakan memori pada komputer kita.
-Tidak mempunyai add ons.


7. SeaMonkey
                                              

   SeaMonkey atau lengkapnya Mozilla SeaMonkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan html (hyper text mark-up language).
   Dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar). SeaMonkey merupakan peranhkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross-platform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh SeaMonkey Council (Dewan SeaMonkey).

Kelebihan Dari SeaMonkey Browser:
-Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
-Penterjemahan website2 yang berbahasa asing (China, Jepang, Korea, Spanyol, dll) ke bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti.
-Dapat memfilter email spam ataupun virus.

Kelemahan Dari SeaMonkey Browser:
-Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka.


8. Camino
                              

  
   Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful. Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac.

Kelebihan Dari Camino Browser:
-Tersedia block flash terintegrasi, jadi bisa hemat bandwidth.
-Koneksinya cepat dan tidak lambat.

Kekurangan Dari Camino Browser:
-Diproduksi hanya untuk Mac.

9. Google Chrome
                                      


   Google Chrome adalah browser yang dikeluarkan oleh Google, sebuah perusahaan search engine terkemuka didunia. Google Chrome juga dirancang agar berjalan secepat mungkin: Cepat dimulai dari desktop, memuat laman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan cepat.

Kelebihan Dari Google Chrome Browser:
-Google mananamkan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi local.
-Pada setiap tab yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tidak akan meyebabkan seluruh browser error. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).

Kelemahan Dari Google Chrome Browser:
-Jika kita menginstal dalam versi Bahasa Indonesia, maka akan terdapat beberapa keanehan ataupun ketidakcocokan antara bahasa yang bersangkutan.
-Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan FireFox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.
-Karena bisa di bilang browser yang dalam masa pertumbuhan, tampilan yang ditayangkan oleh Chrome kurang menarik, dan bisa dibilang hanpir sama dengan tampilan aplikasi Opera.

10. Konqueror Browser
                                




   Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.

Kelebihan Dari Browser Konqueror:
-Selain sebagai web browser, adalah kemampuannya melakukan manajemen file lokal, serta file viewer. Dengan teknologi KPart object model, browser ini mampu mengeksekusi, bahkan mengedit file-file yang spesifik seperti dokumen atau file berformat Pdf. KPart juga dapat digunakan untuk menanamkan konten multimedia pada halaman HTML.

Kelemahan Dari Browser Konqueror:
-Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE. Namun, Konqueror tetap terbatas pada Windows.
-Tidak dapat me-render dengan baik semua halaman web, terutama spesifik pada web browser lain.


via : http://gundul-item.blogspot.com/2013/02/10-macam-browser-beserta-kelebihan-dan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar